Senin, 21 Mei 2012

Mewaspadai BAB Bayi




Setiap bayi memiliki Frekuensi BAB yang berbeda, ada yang BAB nya 4 - 10 kali setiap harinya, namum ada juga yang sebaliknya, yakni hanya 1 kali setiap 3-4 hari. Ketika usia si kecil beranjak 1 bulan, maka frekeuensi BAB nya biasanya kurang dari 4 kali setiap harinya, bahkan bisa hanya 1 kali dalam seminggu. Semua ini masih tergolong normal.

Normal atau tidaknya buang air besar (BAB) bayi tergantung salah satunya dari susu yang ia minum. Jika anak hanya minum ASI eksklusif, maka frekuensi BAB yg normal adalah 8 kali sehari atau 8 hari sekali. Yang penting tidak ada keluhan lain. Tapi, jika bayi minum susu formula, sebaiknya setiap hari BAB, paling lama 3 hari sekali. Kalau bayi BAB lebih dari 3 kali sehari, bisa jadi susunya kurang cocok.

Kualitas feses juga harus diwaspadai. Bentuk feses yang bagus seharusnya seperti bubur, bulat-bulat padat, atau lancip dengan permukaan licin. Bentuk feses yang kurang bagus adalah yang berlekuk-lekuk atau sangat cair. Sementara warna feses yang bagus adalah cokelat.

Selain itu orang tua harus segera berkonsultasi kepada dokter jika feses berwarna seperti dempul, untuk mencari tahu kemungkinan levernya bermasalah. Namun feses berwarna hijau atau kuning tidak masalah, dan biasanya karena makanan.   





_______________________________________________________________
Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner