Minggu, 22 Juni 2014

KENALI MOMEN WOW PADA ANAK UNTUK MENGASAH KREATIVITASNYA




Saat tumbuh dan berkembang, anak bisa memiliki momen wow. Ya, momen wow adalah momen di mana anak bisa melakukan sesuatu untuk pertama kalinya, hanya terjadi sekali seumur hidup, dan sesuai namanya, momen ini bisa membuat orang tua terpana sambil berkata 'wow'.


Momen wow ini biasanya dialami anak saat berusia di bawah satu tahun. Kira-kira setiap dua minggu pada umumnya ada sesuatu baru yang bisa dilakukan anak misalnya membuat gelembung, memegang pensil, atau menambah kosakata.

Saat ingin melihat wow pada anak, usahakan anak jangan banyak digendong, nonton TV, sampai eksplorasi dia ke lingkungan minim. Boleh nonton tv setengah jam, tapi lanjutkan dengan memberikannya mainan, atau buku gambar, agar dia bisa mengeksplor kemampuannya. Pasalnya, momen wow bisa terjadi kapan saja. Maka dari itu, sekecil apapun prestasi anak usahakan orang di sekitarnya memberi pujian. Pujian tersebut penting karena bisa membuat anak merasa mampu, lalu cenderung mengulang dan mengembangkan ide baru. Anak pun jadi berani berkarya, bisa menghasilkan sesuatu yang baru. Maka, amat penting orang tua jangan banyak marah atau membatasi anak untuk tidak boleh ini itu.

Memberi pujian ketika anak melakukan suatu kemajuan, sekecil apapun bisa membentuk self conscious emotionnya. Dengan begitu, anak akan merasa mumpuni dan berkompeten. Jadinya anak tidak akan malu-malu, berani berkarya, dan dia percaya diri karena merasa dia mampu. Kadang orang tua tidak tahu kalau anak sedang menjelajah sebagai proses belajar. Padahal, anak-anak bisa berkarya lewat barang-barang yang ada misalnya panci atau galon yang dijadikan alat musik atau penjepit pakaian dijadikan robot. Sehingga dengan anak menjelajah dia bisa melakukan sesuatu yang menghasilkan karya. Yang perlu diingat, tiap anak punya momen wow masing-masing dan jangan pernah bandingkan dengan anak yang lain.




Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner