Selasa, 25 Juni 2013

IBU MENYUSUI BOLEH TERAPKAN POLA MAKAN VEGETARIAN




Ibu menyusui tetap dapat melakukan pola makan vegetarian. Meski dikhawatirkan ibu dan/atau anak tidak mendapat asupan gizi yang cukup, berdasarkan penelitian, ibu vegetarian tetap dapat memberikan ASI eksklusif 6 bulan. Hanya saja, pola makan vegetarian itu harus dibarengi dengan konsumsi energi yang cukup agar berat tubuh ibu tidak menurun drastis saat menyusui.

Untuk semua ibu vegetarian dan non vegetarian, saat menyusui intinya adalah konsumsi energinya harus lebih banyak. Mengonsumsi makanan misalnya, harus tiga kali sehari dan ditambah dengan susu, juga konsumsi serat, sayur-sayuran, perlu diperbanyak. Jangan sampai malah merasa bahwa bayinya sudah lahir, lalu makan seadanya saja. Cukup banyak ditemui ibu menyusui tidak mengonsumsi gizi sebanyak saat hamil. Hal itu terjadi baik pada ibu vegetarian maupun non vegetarian.

Ibu vegetarian sendiri berisiko memiliki berat badan rendah. Risikonya, saat bayi lahir ibu tak memiliki cadangan lemak yang cukup untuk menyusui. Ternyata ibu-ibu itu saat menyusui justru menghentikan konsumsi suplemennya, juga susunya. Mereka tahunya pada saat hamil itu harus banyak makan karena ada bayi. Setelah melahirkan, dihentikan. Selama ini belum pernah ada yang mengukur konsumsi gizi ibu hamil dengan ibu menyusui. Jadi tidak ada yang tahu bahwa sebenarnya konsumsi mereka pada saat menyusui itu turun.

Kurir ASI Jakarta by amura courier
: solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner