Minggu, 31 Juli 2011

PEKAN ASI SEDUNIA 2011

Pekan ASI Sedunia (World Breastfeeding Week) 2011 mengangkat tema internasional  “Talk to Me Breastfeeding 3 D Experience ”. Dan tema nasional adalah “Katakan Padaku: Menyusui Menakjubkan – “Mari Kita Bantu”. Dukungan terhadap kegiatan menyusui saat ini masih dilihat hanya dari dua dimensi yaitu, Dimensi waktu (dari kehamilan hingga penyapihan ) dan dari dimensi tempat (rumah, masyarakat dan sistim kesehatan). Namun kedua dimensi diatas belum berdampak banyak tanpa dimensi ke tiga yaitu KOMUNIKASI. Komunikasi merupakan bagian penting dalam melindungi,mempromosikan dan mendukung kegiatan menyusui. Semua dimensi tersebut diatas diharapkan mempunyai dampak terhadap peningkatkan cakupan pemberian ASI Eksklusif.

Tujuan umum dari Pekan ASI Sedunia adalah mengkomunikasikan pentingnya menyusui terutama mendorong dan meningkatkan pemberian ASI Eksklusif kepada semua elemen masyarakat. PAS akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2011 dan mengusung slogan “Katakan: ASI terbaik bagi bayi dan tiada bandingannya”. Selain slogan tersebut, terdapat pesan utama yang ditujukan ke khalayak umum, sekolah, universitas dan fasilitas pelayanan kesehatan. Penyelenggaraan Pekan ASI Sedunia Tahun 2011 di Indonesia diisi dengan pelaksanaan kegiatan di pusat dan di daerah melalui kemitraan lintas sektor. Penyelenggaraan PAS Tahun 2011 tidak hanya terbatas sepekan, tetapi dapat dilaksanakan sampai dengan akhir tahun 2011.

Untuk kegiatan di pusat meliputi Penggerakan Masyarakat, Seminar, Pengembangan Jejaring ASI dan Acara Puncak. Penggerakan masyarakat meliputi Public Service Announcement, lomba penulisan artikel tentang menyusui dan talkshow. Kegiatan seminar meliputi Forum Konselor Menyusui  dalam rangka pembentukan Perkumpulan Seminat Konselor Menyusui, Sarasehan Penguatan Pemberian ASI Eksklusif dan  Workshop Penguatan Pemberian ASI Eksklusif di fasilitas pelayanan kesehatan dan tempat kerja. Sedangkan untuk pengembangan jejaring ASI dilaksanakan melalui Pengembangan Jejaring ASI melalui social network.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner