Selasa, 10 April 2012

BAYI MUNTAH



Harus dibedakan antara muntah dan gumoh. Diartikan sebagai gumoh jika bentuk muntahan bayi keluarnya tidak menyemprot dan hanya mengalir. Ini terjadi karena isi lambung keluar dan mengalir melalui mulut.

Gumoh biasa terjadi pada bayi di bawah usia tiga bulan yang tidak disendawakan kurang lama. Untuk menangani gumoh yang normal, cukup disendawakan dan diposisikan sedemikian rupa untuk mempercepat penurunan isi lambung. Sesekali gumoh sebenarnya wajar, tapi kalau gumohnya terlalu sering, misalnya lebih dari 10 kali dalam sehari, tentu tidak wajar juga. Bisa jadi bayi mengalami GERD (gastroesophageal reflux disease) yang membutuhkan konsultasi atau penanganan lebih lanjut.

Sementara muntah yang harus diwaspadai dan bisa dibilang tidak wajar adalah muntah yang berwarna hijau dan menyemprot. Ini tidak wajar dan harus segera ditangani karena kemungkinan besar ada sumbatan pada saluran pencernaan. Misalnya, malrotasi (usus melilit) atau juga invaginasi. Muntah seperti ini biasanya timbul pada bayi baru lahir atau bayi di bawah enam bulan.  
 _______________________________________________________________
Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner