Rabu, 04 April 2012

MERAWAT ALAT KELAMIN BAYI

Pada bayi perempuan yang baru lahir kerap kali muncul lendir keputihan di sekitar alat kelaminnya. Sebaiknya bersihkan dengan kapas yang dibasahi air. Arahnya dari depan ke belakang, jangan dari belakang ke depan. Bersihkan rutin pada saat mandi sampai lendir keputihan tadi hilang.


Produksi lendir keputihan ini sebetulnya normal pada bayi baru lahir dan merupakan efek hormon dari sang Ibu. Bahkan, kadang-kadang sering keluar darah sedikit.


Untuk bayi laki-laki pun sama. Cara membersihkan alat kelamin bayi laki-laki adalah dengan membersihkan kulup menggunakan kapas yang dibasahi air hangat setiap mandi.


Jangan sekali-sekali memakai bedak setelah membersihkan alat kelamin bayi, karena bisa menimbulkan infeksi dan iritasi. Juga tidak disarankan menggunakan tisu basah untuk merawat alat kelami sehari-hari, karena bisa menyebabkan iritasi pada alat kelamin dan daerah sekitarnya. Akibatnya bayi bisa rewel, kesakitan, dan terjadi infeksi.


Tisu basah boleh digunakan hanya pada saat emergensi, misalnya saat bepergian jauh. Iritasi juga bisa dihindari dengan segera mengganti popok atau popok sekali pakai begitu anak buang air besar (BAB).
_______________________________________________________________
Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner