Jumat, 25 September 2015

Hai Para Ayah.... Yuk Dukung Ibu Menyusui Si Kecil !!!




Peran sebagai Ayah bukan hanya menafkahi saja lho. Mendukung Ibu dalam memberikan si kecil ASI juga adalah peran  yang penting bagi setiap Ayah. Hal ini dapat membantu Ayah untuk lebih dekat dengan si kecil. Bagaimana cara mendukung Ibu sepenuhnya dalam memberikan si kecil ASI ? Berikut beberapa tips yang Ayah bisa lakukan. Simak baik-baik ya !
  • Cari tahu info tentang ASI. Mulailah mencari tahu manfaat ASI, mulai dari kandungannya, manfaatnya untuk si kecil dan juga untuk si Ibu sendiri. Tidak ada salahnya jika Ayah juga mencari tahu cara menyusui yang benar lho, agar bisa saling tukar info dengan Ibu. Info-info tentang ASI bisa  dapatkan lewat buku, internet, berdiskusi dengan sesama Ayah, datang ke seminar atau coba berdiskusi dengan sang Nenek.
  • Jagalah perasaan emosional Ibu. Memberikan ASI bukanlah pekerjaan mudah, stres dapat mempengaruhi hasil ASI Ibu. Cobalah dukung Ibu dengan membuatnya ceria kembali seperti dengan memijatnya setelah seharian mengurus si kecil, mengajaknya bercanda atau hanya sekedar menyiapkan minuman favoritnya.
  • Berbagi tugas dengan Ibu. Ketika si kecil lahir maka aktivitas Ayah pun ikut berubah, mulai dari tidur dan lainnya. Ketika tugas Ibu memberikan ASI, cobalah Ayah membantu memandikan si kecil, menggendongnya jika menangis, jaga malam atau mengganti popoknya. Cara tersebut juga membuat Ayah semakin dekat dan kenal dengan buah hati.
  • Mencari ruang menyusui di ruang publik. Ketika berpergian keluar dengan si kecil, rasa haus dan lapar si kecil tak dapat dihindarkan. Nah, agar si Ibu nyaman saat menyusui si kecil, carilah ruang-ruang khusus menyusui yang sekarang sudah banyak tersedia di tempat-tempat umum seperti mall dan tempat rekreasi lainnya. Apalagi aturan ini sudah juga didukung lewat Peraturan Pemerintah No.33 Tahun 2012 tentang ASI Eksklusif pasal 30 ayat 3 tentang penyediaan fasilitas khusus untuk menyusui.
  • Belajar manajemen ASIP (Air Susu Ibu Perah). Selain lewat payudara ibu, memberikan ASI bisa juga lewat botol. Dimana ASI yang sudah diperah, disimpan dan dipanaskan agar si kecil dapat meminumnya tanpa harus lewat puting Ibu. Dengan mengetahui cara penyimpanan hingga pemanasan ASIP yang benar maka si kecil tetap mendapatkan ASI yang cukup dengan kualitas baik, walau si Ibu tak ada didekatnya.
Terbukti bukan, bahwa peran Ayah sangat penting dalam memberikan si kecil nutrisi terbaik dari alam, yaitu ASI. Ayo Ayah, terus bantu dan beri dukungan untuk Ibu agar tetap semangat memberikan si kecil ASI !!


Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner