Selasa, 19 Januari 2016

7 FAKTOR ASI LANCAR



1.       Cara menyusui dan memposisikan/peletakan mulut bayi di payudara saat menyusui harus tepat, sehingga ibu bisa efektif mengeluarkan ASI

2.      Prinsip produksi ASI semakin banyak dikeluarkan semakin banyak diproduksi. Bayi harus pintar mengeluarkan ASI dari payudara ibunya, tidak sekedar ‘ngempeng’ karena bisa membuat putting ibu lecet dan bayi tidak bisa banyak minum ASI.

3.      Seharusnya menyusui it tidak menimbulkan trauma baik pada ibu maupun bayi. Jika payudara bengkak, lakukan pijat paydara, teknik kompres, dan lakukan pola menyusui.

4.     Cari informasi sebanyak-banyaknya pada saat hamil, seperti bagaimana bayi bisa menyusui dengan efektif dan ibu bisa memproduksi ASI agar lancar.


5.      Jika ibu bingung harus melakukan apa saat payudaranya bengkak, bisa hubungi sentra laktasi atau AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) untuk konseling. Cek kegiatan AIMI di www.aimi-asi.org. Konselor AIMI akan datang ke rumah lalu dilihat penyebab bengkak dan mengedukasi cra menyusui yang tepat. Misalnya, untuk menghindari payudara bengkak, menyusui harus dijadwal 3 jam sekali.

6.     Saat hamil juga harus rajin shopping fasilitas pelayanan kesehatan dan tenaga kesehatan yang pro ASI. Apakah fasilitas kesehatannya dan tenaga kesehatannya bersedia melakukan Inisisasi Menyusui Dini (IMD), menyediakan rawat gabung ibu dan bayi selama 24 jam, mendukung pemberian ASI eksklusif pada saat bayi di rumah sakit.

7.      Mencari dukungan sebanyak mungkin terutama pada saat hamil. 98% keberhasilan ASI ditentukan oleh dukungan suami terhadap istri selama kehamilan. Dukungan lain diperoleh dari orangtua, mertua, keluarga, teman, rekan kerja, dan tenaga kesehatan.


Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner