Selasa, 08 Januari 2013

MEMILIH NAMA BAYI




Nama adalah doa. Itu adalah satu ungkapan yang dipercaya oleh banyak orang dari dulu hingga sekarang.

Tidak heran, sebagai calon orang tua, kebanyakan pasangan yang baru saja memasuki masa kehamilan, sudah mulai memikirkan nama bayi perempuan maupun nama bayi laki-laki yang akan diberikan kepada anak mereka.

Mulai dari mencari tahu tentang arti nama bayi, hingga membaca buku kumpulan nama bayi dilakukan dengan senang hati. Tapi tetap saja memilih satu nama bukan hal yang akan dilakukan sembarangan oleh orang tua, bukan?

Beberapa hal harus dipertimbangkan dalam memberikan nama bayi.

Selera Anda, Bukan Punya Anda Sendiri

Pernah dengar cerita tentang dua ibu yang bertengkar karena ibu yang satu menamakan bayinya dengan nama yang sebenarnya sudah "diincar" oleh ibu yang satunya lagi ?

Misalnya, menamakan anak perempuan Queen, karena nama tersebut terdengar keren, berarti bagus dan mudah diucapkan. Tapi ternyata ketika kumpul keluarga besar di suatu undangan pernikahan kerabat misalnya, ternyata ada keponakan dengan usia yang tidak begitu jauh dengan anak Anda bernama Queen juga!

Bukan berarti orang tuanya punya persaingan pribadi dengan Anda ya. Queen memang nama yang bagus. Huruf depan Q yang unik menjadikan banyak orang juga berencana akan memberi nama bayi mereka Queen.

Bukan berarti Anda jadi harus menamakan nama bayi Anda dengan nama yang tidak umum seperti Qisui, misalnya. Justru, banyak yang menyukai nama bayi yang Anda pilih bisa jadi adalah hal yang bagus dan persetujuan umum akan bagusnya nama tersebut.

Pendapat Orang Lain Itu Penting

Memang, sebagai orang tua, nama bayi sepenuhnya terserah Anda. Kenapa juga harus memikirkan pendapat orang lain seperti saudara maupun teman Anda?

Tapi harus jadi bahan pertimbangan, bahwa pilihan pemberian nama memang menjadi hak Anda, tapi Anda memilihkannya buat orang lain lho, sekalipun itu adalah buah hati Anda sendiri. Anda adalah orang yang (mau tidak mau) dipercaya untuk memberi nama seseorang yang belum bahkan lahir ke dunia, yang tidak bisa protes apakah dia suka nama yang diberikan padanya atau tidak. Orang-orang di sekitar Anda seperti keluarga dan sahabat justru adalah orang-orang yang akan selalu ada di hidup Anda. Jangan sampai mereka, atau bahkan anak-anak mereka, menjadikan nama bayi Anda sebagai tertawaan dan bahan celaan, dong!

Tidak perlu semua nama yang disarankan oleh orang di sekitar Anda pertimbangkan. Pilih saja beberapa yang sepertinya masuk akal dan terdengar bagus dan tidak terlalu jauh dari ide nama bayi yang Anda punya. Mungkin saja mereka punya masukan yang tidak sempat Anda baca di kamus nama bayi, maupun tahu nama dengan arti bagus di bahasa lain yang belum Anda lirik.

Pilihlah Nama Yang Anda Ingin Anda Yang Punya

Ini adalah hal yang paling penting yang harus diingat oleh setiap orangtua dalam memberi nama bayi mereka. Kita pasti punya banyak faktor yang dipertimbangkan dalam memilih nama bayi sebagai peluang untung mengekspresikan diri kita sendiri. Ingin menunjukkan penghormatan pada orang tua atau leluhur, jadi memberi nama yang sama dengan sang buyut, misalnya.

Setelah beberapa seleksi dan kriteria yang Anda tentukan sendiri terpenuhi, akhirnya pasti ada satu nama yang Anda suka dan pilih. Tapi sebelum menuliskannya di akte kelahiran, ada satu hal yang tidak boleh lupa Anda lakukan. Bayangkan misalnya Anda, sebagai orang dewasa yang sudah mengenal dunia, apakah Anda merasa bahwa nama ini cukup merepresentasikan diri Anda? Apakah nama ini membuat Anda bangga saat memperkenalkan diri pada dunia? Kalau iya, maka pastinya Anda sudah siap memberikan satu hadiah kelahiran terbaik bagi anak Anda, yang akan dimilikinya selamanya.

Semoga semua pemikiran yang matang dalam memilih nama bayi menghindarkan upacara ganti nama dan musti menyediakan bubur merah dan bubur putih di kemudian hari.


Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner