Selasa, 22 Januari 2013

Pentingnya Pemenuhan Gizi di 1000 Hari Pertama Usia Bayi




Pasangan biasanya merencanakan lebih dari setahun
dan menabung seumur hidup untuk mempersiapkan pernikahan mereka. Sebetulnya hari kelahiran bayi sama pentingnya dengan hari pernikahan, namun sayangnya masih jarang keluarga yang melakukan perencanaan dan berinvestasi untuk pemenuhan gizi ibu dan anak. Padahal, hal ini justru sangat penting untuk memastikan anak lahir dengan sehat.

Fase pemenuhan gizi ibu dan bayi yang paling efektif harus dimulai sebelum masa kehamilan dan kemudian berfokus pada 12 minggu pertama masa kehamilan. Inilah masa terpenting dalam pembentukkan “cetak biru genetik” yang menentukan kesehatan anak hingga dewasa.



Status gizi anak pada awal kehidupan dipengaruhi oleh status gizi ibu selama kehamilan, sekaligus akan menentukan status kesehatannya pada kehidupan selanjutnya. Anak dengan gizi buruk memiliki risiko penyakit degeneratif seperti diabetes saat memasuki usia dewasa dan lansia. Dengan demikian, masalah gizi yang terjadi pada saat ini bukan merupakan masalah pada saat ini saja, tetapi juga berpotensi menjadi akar masalah kesehatan masyarakat di masa yang akan datang.

24 bulan pertama setelah kelahiran merupakan masa yang harus dijaga karena masa ini merupakan periode penting untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Jika masalah gizi maupun kesehatan tidak diatasi dalam rentang usia ini, maka akan dapat berdampak negatif pada usia selanjutnya.


Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner