Senin, 18 Agustus 2014

MEMBERIKAN MAKANAN PERTAMA PADA BAYI







Dalam pemberian makanan padat pertama bagi bayi, satu hal yang harus diperhatikan adalah tekstur. Pastikan bahwa makanan pendamping ASI (MPASI) yang pertama kali dikunyah dan ditelan bayi memiliki tekstur yang sangat lembut dan mudah menetes dari sendok. Selain itu, MPASI pertama harus berupa makanan yang terbuat dari satu bahan makanan saja.
Salah satu makanan padat pertama yang umum diberikan adalah sereal karena mudah dicerna oleh bayi. Anda juga dapat memulai pemberian MPASI dengan puree buah dan sayur, yang kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Anda bisa membeli makanan-makanan ini di supermarket atau membuatnya sendiri di rumah.
Berikut beberapa makanan pilihan untuk mengawali perkenalan bayi dengan dunia cita rasa:

Sereal

Jika Anda memilih pemberian MPASI pertama dengan sereal, pilihlah yang tergolong single grain, seperti beras (beras cokelat organik lebih disarankan), barley, dan oat. Akan lebih baik lagi bila Anda memilih yang telah difortifikasi dengan zat besi untuk menambah asupan zat besi pada bayi. Hindari sereal yang terbuat dari gandum karena bisa menimbulkan alergi pada bayi. Untuk menyajikannya, campur sedikit sereal dengan ASI atau air untuk membuat ‘sup’ yang creamy.

Alpukat

Buah ini adalah pilihan makanan padat pertama yang sangat baik karena berlimpah dengan lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) dan nutrisi esensial seperti vitamin A dan C, niasin (vitamin B3), folat, potasium, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalsium. Dengan teksturnya yang lembut dan creamy, membuat alpukat mudah dicerna oleh bayi.

Pisang

Penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat membantu melindungi mukosa (selaput lendir) pada lambung dan membantu pencernaan. Pisang mengandung vitamin A & C, folat, potasium, fosfor, selenium, magnesium, dan kalsium. Dengan rasa manis alami, pisang juga membantu bayi agar ia lebih siap untuk pengalaman makan yang pertama.

Pir

Pir mengandung vitamin A & C, folat, potasium, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Ubi

Ubi mengandung vitamin A & C, folat, potasium, sodium, selenium, fosfor, magnesium, dan kalsium.

Tips pemberian MPASI pertama:
  • Susui bayi terlebih dahulu sebelum menyuapkan satu atau dua sendok teh makanan yang telah disiapkan. Gunakan sendok plastik dengan bagian ujung yang lembut agar gusi si Kecil tidak terluka.
  • Mulailah dengan sedikit jumlah makanan pada bagian ujung sendok.
  • Apabila bayi terlihat kurang berminat untuk menerima suapan dari sendok, biarkan ia mencium aroma makanan atau merasakannya sedikit dengan lidahnya. Hal ini bisa menjadi ‘pemanasan’ bagi bayi untuk menciptakan pemahaman tentang memakan sesuatu yang padat.
  • Sebagai awal, berikan makanan padat pertama sekali dalam sehari, atau sesuai dengan kenyamanan Anda dan bayi. Yang jelas, jangan berikan makanan saat si Kecil sedang lelah atau ngambek.
  • Tidak perlu khawatir bila bayi tidak mau makan banyak pada awalnya. Berikan ia waktu untuk membiasakan diri dengan pengalaman makan pertamanya, serta berlatih menyimpan makanan di dalam mulut dan menelan.
  • Jika Anda memberikan sereal, tingkatkan kekentalannya secara perlahan dengan mengurangi penambahan cairan (ASI atau air).
  • Ketika bayi mulai terbiasa dengan makanan pertamanya, ia akan siap untuk menerima beberapa suapan sendok makan dalam sehari.

Kurir ASI Jakarta by amura courier
: solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner