Selasa, 30 September 2014

Tips Memilih Alat Kontrasepsi





Setiap pasangan suami istri pasti pernah membahas masalah kontrasepsi ini, tertama pada pasangan produktif yang berada di usia subur. Nah, berikut tips memilih kontrasepsi yang bisa dilakukan oleh setiap pasangan.
  1. Tentukan tujuan. Pahami tujuan pemakaian kontrasepsi baik dari sisi suami maupun istri. Yang jelas setiap pasangan harus mendapat informasi yang tepat mengenai efektifitas & efisiens setiap pilihan kontrasepsi yang digunakan. Pilihan kontrasepsi harus dilandasi oleh keinginan yang jelas dari kedua belah pihak, apakah untuk menunda mempunyai anak, menjarangkan usia anak atau membatasi jumlah anak yang diinginkan.
  2. Gaya hidup, apakah anda termasuk orang yang disiplin sehingga bisa mengkonsumsi pil KB setiap hari, atau apakah anda bersedia membeli kondom setiap kali ingin melakukan hubungan, jika jawabannya tidak maka pilihlah alat kontrasepsi lain.
  3. Usia, faktor usia juga mempengaruhi pilihan anda. Pil KB sangat dianjurkan bagi wanita sehat  & tidak merokok di atas usia 35 th, namun pada wanita perokok akan timbul resiko terkena serangan jantung. Bagi wanita yang sering mengalami migrain juga tidak dianjurkan menggunakan kontrasepsi pil ini karena meningkatkan resiko stroke.
  4. Kondisi Kesehatan,cek kondisi kesehatan dan riwayat penyakit yang di derita, untuk penderita jantung, kanker sebaiknya tidak menggunakan pil, dan bagi wanita yang pernah bermasalah dengan alat vitalnya  sebaiknya tidak menggunakan IUD (intra urine devices), kondom bisa digunakan bagi orang yang tidak mengalami alergi terhadap alat yang berbahan dasar dari karet.
  5. Efek samping, tanyakan kepada dokter atau bidan anda mengenai efek samping yang bisa terjadi pada setiap  kontrasepsi yang digunakan agar anda bisa memilih yang terbaik bagi anda.
  6. Pahami keuntungan dan kerugian dari setiap alat kontrasepsi karena setiap alat pasti ada sisi positif & negatifnya, anda bisa memilih kontrasepsi yang memberi sisi positif lebih banyak terhadap anda tentunya.
  7. Waktu penggunaan, apakah alat kontrasepsi yang digunakan adalah untuk sementara atau permanen. Bagi pasangan usia muda disarankan memilih alat kontrasepsi sementara yang bersifat  reversible sehingga mudah hamil lagi jika pemakaian dihentikan.
Nah, tunggu apa lagi, ayo tanyakan pada dokter dan bidan anda mengenai kontrasepsi ini agar bisa menciptakan generasi sehat dan cerdas melalui anak yang kita miliki dengan perencanaan yang matang.


Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner