Minggu, 03 Juni 2012

NURSERY ROOM, SOLUSI BAGI IBU MENYUSUI YANG BEKERJA



Begitu cuti melahirkan habis, ibu bekerja harus kembali ke kantor. Padahal, di usia tiga bulan, bayi masih membutuhkan kontak langsung dengan kulit bundanya. Bayi juga berhak mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) ekslusif setidaknya hingga berumur enam bulan.

Di kantor, selain dituntut harus fokus bekerja, secara berkala ibu harus menyempatkan diri untuk memerah ASI untuk cadangan makanan bayi. Persoalannya, belum banyak kantor di Indonesia memiliki fasilitas ruangan yang bisa digunakan untuk memerah ASI. Karena itulah, sebaiknya ibu menyusui yang bekerja mulai menyadari hak-haknya di kantor.

Di tengah keterbatasan ruang, ibu menyusui harus menguatkan tekad. Mereka mesti menyusun strategi agar kebutuhan untuk menyusui buah hati terpenuhi secara optimal. Cari ruangan tertutup dan bisa dikunci agar ibu dapat rileks memerah. Andaikan ruangnya terbatas, coba pergunakan lemari kabinet berukuran besar untuk menjadi pemisah antara karyawan lain dengan ibu menyusui.

Ruangan nursing (memerah ASI) yang ideal adalah yang berpendingin udara. Ruangan setidaknya cukup untuk menampung tiga orang ibu menyusui pada saat bersamaan. Letaknya sebaiknya tidak bersebelahan dengan toilet ataupun tempat wudhu karena bisa menjadikan ruangan terasa lembab dan berbau apek. Menempatkan ibu menyusui di tempat yang kurang udara akan membuat si ibu stres. Alhasil, ASI yang keluar pun sedikit.

Beberapa perabotan juga perlu ada di dalam ruangan nursing, seperti kursi atau sofa, meja, dan lemari tempat menyimpan peralatan. Alat pompa ASI sebaiknya tidak dipakai secara bergantian karena terkait dengan sterilisasi. Perlu juga disiapkan dispenser karena ibu menyusui biasanya akan mudah haus.

Selain masalah ruangan, ibu menyusui yang memompa ASI bersamaan kadang rentan merasa tertekan. Hal ini dipicu perolehan ASI yang tidak sama. Jumlah ASI yang bisa diperah antara satu ibu dan ibu lainnya akan berbeda. ASI bisa lebih banyak didapat dengan cara meningkatkan frekuensi memompa.

Satu catatan penting, Ibu yang diberi kesempatan untuk menyusui dengan baik biasanya lebih produktif saat bekerja.
_______________________________________________________________
Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner