Rabu, 11 Juli 2012

Mengenal Jenis Nyeri Persalinan dan Metode HypnoBirthing



Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk  mempersiapkan kondisi mental menyambut proses persalinan sang buah hati.

Selain dengan dukungan doa dan kehadiran orang terdekat untuk mendampingi ibu bersalin, juga disarankan  melakukan metode relaksasi. Baik itu relaksasi musik, menggunakan bola senam philates sambil melewati fase atau tahapan proses pembukaan, melalui proses bersalin dengan waterBirth (melahirkan dalam air), juga hypnoBirthing dan sebagainya. Semua itu bertujuan sama, yakni membantu ibu bersalin mengurangi perasaan tidak nyaman yang harus dilalui selama proses bersalin tersebut.

Hal penting yang perlu kita pahami bahwa pengetahuan  tentang proses melahirkan sangat berpengaruh dalam membentuk persepsi seorang wanita tentang nyeri pada proses melahirkan. Pengetahuan ini dapat diperoleh dari pengalaman yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Pengalaman itu bisa dialami sendiri ketika menunggu  saudarinya atau temannya melahirkan atau ketika mendengar cerita temannya tentang  rasa sakit selama proses melahirkan.

Sebenarnya  apakah  nyeri persalinan itu?

Nyeri persalinan adalah suatu keadaan rasa sakit  dan tidak nyaman yang dirasakan selama menjalani proses persalinan. Para ahli di bidang kesehatan menggolongkan dalam dua jenis rasa nyeri/sakit  dalam persalinan.  Yaitu sakit yang FISIOLOGIS dan sakit  PSIKOLOGIS.

Apa yang membedakan kedua jenis rasa sakit itu ?

Pada sakit yang fisiologis

Adalah sakit yang alami dan pasti akan terjadi. Sakit ini ditimbulkan karena proses kontraksi dari rahim dan pembukaan jalan lahir. Ambang kesakitan tiap wanita berbeda, sangat individual dan tidak dapat digeneralisasi. Maka perlu  dilatih agar bisa tahan, latihan ini melalui metode hypnosis. Dilakukan manipulasi agar rasa nyeri berubah menjadi  rasa bahagia.

Sedangkan pada sakit yang Psikologis,

Adalah rasa sakit yang muncul karena ketakutan yang mendalam, panik, emosi. Ketegangan ini  menyebabkan rasa sakit yang di derita bertambah parah. Hal ini karena sugesti negative masuk ke dalam alam pikiran bawah sadar.

Tipe sakit inilah yang bisa dihilangkan dengan metode hypnoBirthing dan relaksasi. Sehingga yang ada hanya perasaan nyaman dan bahagia.

Memang harus diakui banyak orang masih sulit menerima HypnoBirthing karena metode ini di anggap berbau mistik atau berkaitan dengan ilmu tertentu yang tidak pantas dipelajari. Pendapat itu salah besar karena, hypnosis bukan sebuah ilmu melainkan kenyataan ilmiah yang terjadi pada pikiran manusia. Manusia sekadar mencoba menggapai bagian pikiran yang dalam dan sulit diubah lewat metode hypnosis yang telah terbukti secara ilmiah.

Sementara itu, beberapa pihak juga curiga bahwa metode  HypnoBirthing akan membuat sang ibu tertidur dan  tidak sadarkan diri selama proses melahirkan. Kembali lagi, pendapat ini jelas keliru karena jika sang ibu tidak menggunakan obat bius apa pun, ia tentu akan sadar dan mampu mengingat setiap detik proses kelahiran bayinya.

Apakah sebenarnya HypnoBirthing ?

HypnoBirthing merupakan suatu metode relaksasi yang dikhususkan untuk wanita hamil bahkan bisa dilanjutkan sampai dengan masa nifas.  Dalam metode  ini dilatih  bagaimana melakukan relaksasi mendalam. Tujuan  latihan  relaksasi ini untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar, nyaman dengan rasa sakit yang minimum, bahkan tanpa nyeri.
Seperti kita ketahui, kehamilan dan persalinan adalah suatu proses dan reaksi berantai yang mengagumkan dalam bentuk ikatan kehidupan yang takkan terpisahkan. Maka sebenarnya yang sangat dibutuhkan adalah persiapan mental untuk dapat melalui rangkaian  peristiwa yang sangat luar biasa dalam kehidupan seorang  calon ibu

Selain bermanfaat untuk persiapan melahirkan tanpa rasa nyeri , teknik relaksasi dan HypnoBirthing juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketenangan dan kedamaian selama hamil,  proses melahirkan, masa nifas,  masa menyusui dan pada saat membina anak dan balita.

Berikut ini  adalah beberapa manfaat yang kita peroleh dari persalinan dengan metode HypnoBirthing :

1. Meminimalkan, dan bahkan menghilangkan, rasa takut, ketegangan, sindrom rasa sakit dan kepanikan selama proses persalinan dan periode setelahnya ( sehingga tidak menjadi trauma )

2. Meminimalkan dan bahkan menghilangkan, keinginan untuk menggunakan obat bius dan obat penghilang rasa sakit saat bersalin

3.  Mempersingkat fase awal proses persalinan, yaitu pembukaan, yang biasanya yang memakan waktu 10 sampai 24 jam ( terutama untuk kelahiran anak pertama )

4.  Menghilangkan keletihan yang amat sangat sehingga, setelah proses kelahiran bayi, sang ibu tetap bertenaga

5.  Mengurangi kemungkinan terjadinya hiperventilasi ( pernapasan yang cepat dan pendek karena menahan sakit ) saat persalinan berlangsung

6.  Mempercepat masa pemulihan setelah persalinan

7.  Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis

8.  Mempererat ikatan batin ibu terhadap bayi dan suami

Bagaimana bila di tempat kita  bersalin tidak tersedia fasilitas bimbingan metode tersebut?

Tidak perlu cemas, setelah anda memahami penyebab nyeri baik yang psikologis dan yang fisiologis, anda bisa melakukan latihan relaksasi sendiri mulai sekarang. Terutama latihan pernafasan. Yang paling penting adalah keyakinan bahwa anda akan mampu dan siap menyambut proses persalinan dan lahirnya sang buah hati dengan perasaaan bahagia. Itu bekal terpenting. Jangan lupa berdoa agar semua lancar dan alami.
_______________________________________________
Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner