Selasa, 18 Desember 2012

Bagaimana membuat rumah aman untuk bayi yang baru merangkak ?




Bayi yang sudah merangkak dapat terlihat sangat ‘ugal-ugalan’. Ia sangat senang menjelajahi setiap sudut rumah tanpa menyadari bahwa mungkin ada bahaya mengintai untuknya. Pastikan rumah Anda aman bagi bayi, misalnya membuat pagar di setiap ujung tangga rumah. Sebaiknya tetap awasi kalau ia baru pada taraf belajar merangkak. Anda bisa membebaskannya (melihat dari jauh) jika ia sudah mahir merangkak.

Satu cara termudah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi anak adalah dengan melihat lagi setiap sudut, setiap ruang di rumah Anda. Duduklah di sebuah kursi dengan sudut pandang bayi, bayangkan jika Anda menjadi dirinya apa yang kira-kira akan menarik perhatiannya (satu sifat alamiah bayi).

Jika anak sudah bertambah besar, tetaplah mengevaluasi semuanya dari perspektif anak, dan evaluasi lagi apakah semuanya masih seaman dulu. Di waktu yang sama, ajarkan ia untuk awas pada hal-hal yang bisa membahayakan dirinya, misalnya menjelaskan dengan cara yang simpel dan logis tentang benda yang yang dapat membakar kulit atau menyakiti.
Pastikan untuk memindahkan barang-barang/benda berujung tajam dari lantai dapur atau ruang tamu. Jika perlu pasangkan grendel di pintu kecil menuju tangga, atau menyingkirkan furnitur yang gampang goyang dan rubuh.

Dapur dapat menjadi tempat paling berbahaya untuk anak-anak. Idealnya Anda mesti menjauhkan bayi dari dapur setiap waktu, tapi upaya ini kadang tidak praktis. Jadi, cobalah jauhkan ia ketika Anda sedang memasak. Pasangkan grendel di pintu dapur.

Pastikan juga Anda menutup dan mengunci semua jendela di rumah ketika ia sedang bermain (merangkak), ikatlah semua gordin dan jauhkan tali tirai (krey) dari jangkauan tangan bayi. Rapihkan taplak meja Anda agar si kecil tidak menariknya dan menjatuhkan semua yang ada di atasnya ke arah dirinya.




Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner