Minggu, 17 Maret 2013

GERAKAN KETITIPAN ASI





Bunda,mari membantu para bunda ASI yg terkena musibah yuk :)

Gerakan #ketitipanASIP sedang marak di twitter untuk membantu ibu-ibu menyusui yang berada di daerah yg terkena musibah, seperti banjir, kebakaran, dll. Namun ASI Perah tidak bisa sembarangan dititipkan. Menurut para pakar laktasi Mia Sutanto pakar laktasi dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk cara penyimpanannya :
1.       ASI Perah yang hendak dititipkan sebaiknya disimpan dalam botol kaca. Saat menyimpan di kulkas atau freezer pribadi sekalipun, ASI Perah memang dianjurkan untuk disimpan dalam botol kaca.

2.      ASI Perah yang sudah dikemas dalam botol hendaknya tidak disimpan di dalam dan bukan di bagian pintu kulkas, agar suhunya lebih stabil jika pintunya sering dibuka.

3.      Soal isi kulkas, Mia mengatakan tidak ada masalah jika kulkas yang dipakai untuk penitipan ASI perah dipakai juga untuk menyimpan bahan makanan lain seperti daging atau sayuran. Jika khawatir baunya akan mencemari ASI, maka salah satu bisa dimasukkan wadah kedap udara.

4.     Lama penyimpanan juga harus diperhatikan dalam menempatkan ASI Perah yang dititipkan di kulkas. Makin lama waktu penitipan ASI Perah, maka penempatan juga harus di dilakukan di bagian yang suhunya lebih dingin.

5.      Kalau hanya untuk 2-3 hari, ASI Perah yang cair bisa disimpan di bawah. Tapi kalau ASI Perah yang dititipkan dalam kondisi beku, maka harus disimpan di freezer.

6.     Lamanya waktu penitipan ASI Eksklusif juga ditentukan oleh jenis kulas dan lokasi penempatannya. Jika diletakkan di kulkas bagian bawah, maka ASI Perah bisa tahan hingga 5 hari. Jika disimpan di freezer, maka lama penitipan atau penyimpanannya bisa bervariasi.

7.      Kalau kulkasnya kecil yang pintu freezernya jadi satu, ASI yang disimpan bisa tahan sampai 2-3 minggu. Tapi kalau kulkasnya 2 pintu atau pointu freezernya terpisah, bisa tahan sampai 3-4 bulan.

Gerakan #ketitipanASIP merupakan gerakan yang digagas @ID_AyahASI di twitter. Ibu-ibu menyusui di daerah banjir yang mengalami listrik padam sehingga tidak bisa menyimpan ASI Perah di freezer, akan difasilitasi untuk mencari tempat penitipan ASI Perah.

Nah siapa bunda-bunda yg siap #ketitipanASIP ?? langsung saja mention @ID_AyahASI :)



Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner