Rabu, 01 Januari 2014

USIA BERAPA ANAK MULAI BICARA ?





Anak yang dianggap banyak berbicara kadang merupakan cerminan anak yang cerdas. Tapi, bagaimana dengan anak yang mengalami keterlambatan berbicara ? Bernarkah mereka bermasalah dengan kecerdasannya ?

Gangguan bicara bahasa merupakan salah satu masalah perkembangan yang paling dominan di antara berbagai jenis gangguan pertumbuhan anak lainnya. Kemampuan bicara paling baik adalah apabila anak terpapar cukup banyak dari suara, bicara, bahasa, dan penglihatan secara berkesinambungan.

Periode paling intensif dari kemampuan bicara pada manusia adalah tiga tahun pertama masa kehidupannya, yaitu periode masa perkembangan pematangan otak. Kemampuan untuk mempelajari bahasa akan sulit atau mungkin kurang efisien, apabila pada masa tersebut stimulasi dini terhadap bahasa tidak terjadi.

Komunikasi pertama terjadi pada hari pertama kehidupan, ketika bayi mendapat pengalaman. Bahwa, tangisannya akan berakibat datangnya susu yang menimbulkan kenyamanan bagi si bayi dan adanya hubungan komunikasi dengan ibunya.

Bayi baru lahir juga mulai mengenal suara penting di sekitar lingkungannya, misalnya, suara orang tuanya. Dalam perkembangannya, bayi mulai memilih suara dan membentuk kata-kata. Penelitian membuktikan, bahwa pada usia enam bulan, sebagian besar anak sudah mengenal suara dasar dari bahasa ibunya. Sewaktu berumur enam bulan, bayi bergumam atau mengulang suku kata, seperti “ba ba ba” atau “da da da”.

Lalu gumaman berubah menjadi bicara yang tidak mempunyai arti yang sering kali menyerupai nada dan bicara, tetapi tidak mengandung kata yang benar. Pada akhir tahun pertama, umumnya anak sudah dapat mengucapkan beberapa kata sederhana.

Pada umur 18 bulan, umumnya anak sudah dapat mengatakan delapan sampai 10 kata. Pada usia dua tahun, anak memasukkan kata lebih banyak lagi menjadi kalimat. Pada masa ini, anak segera belajar bahwa kata dapat merupakan simbolisasi objek, aksi, atau pikiran. Pada masa ini pula mereka mulai dapat bermain.

Di umur tiga, empat, dan lima tahun, perbendaharaan kata anak meningkat cepat dan mulai fasih berbicara. Perkembangan bicara dan bahasa pada anak bervariasi. Meski demikian, perkembangan alamiah bicara biasanya dimulai dengan keterampilan sederhana, baru disusul dengan kemampuan yang kompleks.

Ibu pun harus cermat mengamati setiap penambahan kata si kecil. Bila ditemui ada indikator perkembangan yang kurang, beberapa langkah harus diambil. Pemeriksaan fungsi pendengaran biasanya juga harus dilakukan. Efek infeksi telinga bertulang dapat juga mengganggu perkembangan bicara.



Kurir ASI Jakarta by amura courier
: solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner