Rabu, 07 Januari 2015

PEMBERIAN ASI TETAP LANCAR KALA BEKERJA




Meski harus kembali bekerja di luar rumah, ibu tetap bisa memberikan ASI pada buah hati dengan langkah-langkah tepat berikut ini.

MENABUNG ASIP

Masa cuti melahirkan merupakan saat yang tepat untuk mulai ‘menabung’ ASIP (Air Susu Ibu Perah). Sebab, pada awal menyusui, biasanya ASI keluar berlimpah, sedangkan kebutuhan bayi masih sedikit. Dengan stok ASIP yang cukup, ibu akan lebih tenang saat harus kembali bekerja.

SIMPAN DENGAN SESUAI

Setelah diperah, simpan ASI sesuai dengan tata cara yang benar. Beri label tanggal dan jam memerah pada botol atau plastik ASI. Bila akan digunakan dalam waktu kurang dari 4 jam, ASIP bisa disimpan dalam suhu ruang. Sedangkan bila akan digunakan dalam waktu lebih dari 5 jam, simpanlah di dalam lemari es pada suhu 4 derajat Celcius (tidak sampai beku). Jika untuk stok yang lebih lama, ASIP harus disimpan di dalam freezer. Pastikan juga pengasuh anak di rumah sudah diajarkan tata cara pemberian ASIP yang benar.

SUSUI SESERING MUNGKIN

Sebelum ibu berangkat bekerja, susui bayi hingga kenyang. Begitu pula saat pulang kerja, sebelum tidur, dan di malam hari. Memang, menyusui di malam hari sepulang kerja pasti melelahkan. Tetapi, pikirkanlah bahwa si kecil sangat menunggu-nunggu waktu bersama ibunya. Bahkan, tak jarang bayi ikut berubah pola tidurnya (lebih banyak tidur di siang hari dan lebih banyak menyusu di malam hari) ketika sang ibu mulai bekerja di siang hari. Nikmati waktu menyusui di malam hari ini sambil membelai mesra si kecil. Selain membuat produksi ASI tetap lancar, bonding yang hangat membuat bayi tetap terbiasa dengan payudara ibunya meski telah terpapar dot atau sendok di siang hari.

MULAI HARI KAMIS

Saat akan bekerja, persiapkan segala kebutuhan memerah ASI di kantor pada malam hari sebelumnya. Breast pump, botol susu, nursing cover, ice pack, serta cooler bag, harus dipastikan dalam kondisi bersih dan siap pakai. Jika memungkinkan, idealnya mulailah bekerja pada hari Kamis. Ini berguna agar ibu dan bayi lebih mudah menyesuaikan ritme baru, sebab di hari Sabtu sudah bisa bersama lagi. Jika perlu, lakukan simulasi jauh hari sebelum ibu benar-benar mulai bekerja. Ini berguna agar bayi dan pengasuhnya mulai bisa beradaptasi dengan pola ASIP.

PERAH DI KANTOR

Perahlah ASI setiap 3-4 jam agar payudara terus terstimulasi untuk memproduksi ASI dengan lancar. Memang, pada praktiknya tak jarang ibu bekerja terbentur dengan padatnya jadwal kerja. Namun, jangan tunggu hingga payudara membengkak. Sebisa mungkin, luangkan waktu meski hanya 10 menit untuk memompa ASI. Yang penting adalah frekuensi, bukan lamanya waktu memerah. Setelah itu, jangan lupa simpan ASIP dengan benar di dalam lemari es.

JAGA KONDISI HATI

Saat memerah di kantor, ibu harus dalam kondisi nyaman dan tenang. Semakin tenang, produksi ASI akan semakin lancar. Pastikan semua peralatan memerah sudah steril dan lakukan pijatan ringan pada payudara sebelum memerah.

DIBANTU KURIR

Jika stok ASIP tidak cukup, perahlah di tempat bekerja lalu gunakan jasa kurir ASI untuk mengantarkan ke rumah. Sekarang, jasa kurir ASI semakin banyak tersedia dengan harga relatif terjangkau. Pilihlah jasa kurir ASI yang dapat dipercaya. Tak ada salahnya meminta rekomendasi pada komunitas menyusui, keluarga, atau teman yang pernah menggunakan jasanya.

TANPA BOTOL DI AKHIR PEKAN

Akhir pekan adalah saat ibu memaksimalkan waktu menyusui si kecil. Jadi, simpanlah semua botol susu, kecuali ibu ingin menambah stok ASIP

ASUPAN BERGIZI

Tak bisa dipungkiri, salah satu kunci sukses memberikan ASI adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman bagi ibu. Dengan asupan bergizi, kualitas ASI akan tambah bagus. Misalnya, sayuran hijau dan kacang-kacangan. Cukupi juga konsumsi air putih.

DUKUNGAN LINGKUNGAN

Membagi waktu antara mengurus bayi dengan bekerja bukan perkara mudah. Apalagi, jika ini menjadi pengalaman pertama bagi ibu menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui sangat membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, baik di rumah maupun di kantor.




Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner