Senin, 22 Juli 2013

SEMANGAT MARSHANDA TETAP MEMBERIKAN ASI DEMI SANG BUAH HATI




Usai melahirkan Sienna Ameera Kasyafani, Adriana Marshanda atau yang biasa disapa Chacha, mengaku sedih lantaran tak bisa memberikan ASI (Air Susu Iu) kepada buah hatinya. Tak berkecil hati, melalui berbagai usaha dan introspeksi diri, istri Ben Kasyafani ini belajar ikhlas dan bersyukur sambil tekun membesarkan sang buah hati.

“Salah satu alasan yang membuat aku bersemangat agar hidup lebih baik, introspeksi, dan terus bersyukur adalah suami dan Sienna, anakku. Semakin ke sini, mereka benar-benar menjadikan hidupku lengkap dan bahagia. Mungkin benar seperti kata orang, anak adalah surga dunia yang nyata,” papar Chacha.

Awalnya, kisah pilu yang dialami Chacha terjadi usai melahirkan Sienna lewat operasi Caesar. Tadinya Chacha berpikir, setiap ibu yang melahirkan secara otomatis akan mengeluakan air susu dan bisa langsung menyusui bayinya. Di luar dugaan, ASI Chacha tak kunjung keluar.

Berbagai cara pun ditempuh, mulai dari mengkonsumsi daun katuk, obat tradisional, melakukan teknik pompa, massage, obat-obatan, hingga berkonsultasi ke dokter ahli laktasi dilakukannya. “Sampai-sampai aku diberi obat yang kalau diminum, ibu yang susah mengeluarkan ASI pun bisa keluar ASI-nya. Bahkan ibu yang adopsi bayi pun bisa mengeluarkan ASI meskipun tidak melahirkan. Tapi kenapa aku sudah minum obat itu, tetap tak menjadi solusi untuk mengeluarkan ASI ku ?” kenang Chacha.

Setelah menjalani observasi, barulah diketahui penyebab Chacha tak bisa menyusui. “Jadi, sewaktu dipompa atau di-massage, enggak keluar cairan. Kata dokter ahli laktasi memang ada yang seperti itu, jaringannya tidak memproduksi ASI. Namanya breast hypoplasia. Jadi setelah melahirkan, payudaranya mengecil lagi, kembali seperti sebelum hamil.”

Menyikapi kondisinya itu, Chacha mengaku sempat stres dan sedih. Terlebih saat melihat ibu-ibu lain dengan penuh kasih bisa langsung menyusui buah hati mereka. “Aku sampai nangis-nangis, merasa, kok, aku enggak bisa memberikan ASI untuk Sienna layaknya ibu-ibu yang melahirkan bayinya. Sempat iri juga melihat ibu-ibu yang punya banyak ASI. Beruntung, Ben menghibur dan memberi support agar aku ikhlas menerima kenyataan, mungkin ada rencana Allah yang lain. Alhamdulillah, Sienna sehat dan perkembangannya juga baik.”

Kendati perlahan bisa melupakan kesedihannya tak bisa memberikan ASI, namun penyesalan akibat tak belajar banyak saat kehamilan masih menghantui Chacha. Seharusnya, kata Chacha, ia meluangkan lebih banyak waktu berkonsultasi dengan dokter laktasi di masa kehamilan. Namun Chacha tak mau lagi berkecil hati. “Akhirnya Sienna minum susu formula dan susu dari donor ASI yang berasal dari keluargaku, yang kebetulan memiliki baby dan ASI-nya bisa keluar banyak. Aku berterima kasih sekali, ada keluargaku yang support ASI untuk Sienna. Semoga ASI-nya masih terus keluar supaya Sienna bisa ikut minum. Saat ini aku juga tak pakai baby siter supaya aku tetap dekat dengan Sienna,” imbuhnya.

Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner