Senin, 05 Agustus 2013

Apa Yang Harus Disiapkan Ibu Menyusui Saat Perjalanan Mudik?




Saat ini anda seorang ibu menyusui dan berencana melakukan perjalanan mudik Lebaran nanti? Jangan khawatir, ibu menyusui tetap bisa kok melakukan perjalanan mudik di hari lebaran. Inilah beberapa hal yang harus disiapkan agar sepanjang perjalanan mudik tetap bisa menyusui si kecil.

Baju Menyusui

Sebaiknya, pada saat mudik nanti, pakailah baju yang memang didesain untuk menyusui. Karena baju menyusui bisa membuat lebih mudah untuk mengeluarkan payudara setiap akan menyusui si kecil tanpa harus repot melepaskan seluruh kancing baju. Pilihlah baju menyusui yang longgar dari bahan katun agar mudah menyerap keringat.

Bra Menyusui

Kenakan juga Bra menyusui sehingga tidak perlu repot melepas Bra, tetapi cukup membuka penutup bagian areola. Pilihlah Bra menyusui yang memiliki cup untuk menutupi seluruh payudara. Dan jangan memilih Bra menyusui yang dilengkapi dengan penyangga dari kawat, karena model seperti ini bisa menekan payudara sehingga jadi sakit dan kurang nyaman.

Apron

Menyusui di tempat umum seringkali membuat ibu menyusui tidak nyaman. Tetapi dalam perjalanan mudik, ibu bisa tetap menyusui bayi dengan memakai apron. Ibu bisa menutupi seluruh payudara dan bayi saat sedang disusui. Pilihlah apron khusus untuk ibu menyusui  yang terbuat dari bahan katun dan bagain atas dari kain jala agar selama menyusui sirkulasi udara tetap berjalan dan ibu bisa melakukan kontak mata dengan bayi.

Bantal Menyusui

Untuk memberikan rasa nyaman saat menyusui selama perjalanan mudik, bisa juga dengan membawa bantal menyusui. Memakai bantal menyusui bisa mengurangi rasa pegal di tangan saat menyangga kepala bayi. Pilihlah bantal menyusui yang sesuai tubuh bayi sehingga si kecil merasa nyaman dan tidak rewel saat menyusui di perjalanan. Juga bisa menambahkan mainan bayi yang bisa ditempel lepas di bantal

Pompa ASI

Selama perjalanan mudik, ibu menyusui juga bisa memerah ASI. Pakailah pompa ASI elektrik bertenaga baterai untuk memudahkan ibu memerah ASI. Jangan lupa siapkan baterai cadangan agar tetap bisa memerah ASI di mana saja.

ASI perah sebaiknya disimpan di botol penyimpanan ASI. Ibu bisa menggunakan ASI perah saat kondisi dalam perjalanan tidak memungkinkan untuk menyusui langsung. Siapkan kotak penyimpanan untuk menyimpan ASI.  Pada suhu ruangan ASI bisa bertahan selama 10 jam dan pada suhu 25°C ASI bisa bertahan selama  4-8 jam.

Minum Air Putih

Selama dalam perjalanan mudik, disarankan pula agar ibu menyusui rajin minum air putih  untuk menjaga kadar air dalam darah sehingga tidak mengalami dehidrasi. Perbanyaklah minum air putih untuk membantu produksi ASI.

Selama melakukan perjalanan mudik, ibu menyusui harus menjaga kesehatan dan stamina. Sebaiknya juga memperbanyak mengonsumsi makanan berserat, seperti sayur dan buah. Istirahat cukup selama perjalanan mudik yang biasanya memakan waktu lebih lama juga bisa membantu agar tetap bisa menyusui dengan lancar. Selamat mudik ya, Bu!


Kurir ASI Jakarta by amura courier
: solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner