Selasa, 20 Agustus 2013

MANFAAT PROBIOTIK BAGI BAYI




Saat berada di Rahim, tiap bayi memiliki pencernaan yang steril. Belum ada mikroflora yang hidup di dalam pencernaannya. Mikroflora tersebut baru tumbuh setelah bayi lahir, menyusul pemberian Air Susu Ibu (ASI) maupun kontak dengan lingkungannya. Bayi yang mendapatkan ASI akan memiliki Bifidiobacteria lebih banyak ketimbang yang minum susu formula.

Beberapa hari setelah lahir, koloni bakteri baik alias probiotik tersebut tumbuh membentuk koloni. Mikroorganisme hidup ini dapat diperbanyak populasinya dengan mengkonsumsinya dalam keadaan hidup. Dalam jumlah yang cukup keberadaannya akan bermanfaat bagi kesehatan. Lactobacillus dan Bifidabacterium terbukti sebagai dua jenis utama probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan.

Jika dicermati, dalam sistem pencernaan manusia ada lebih dari 500 spesies bakteri dengan jumlah lebih dari 100 triliun. Populasinya 10 kali lebih lebih banyak dari jumlah sel tubuh. Sebanyak 70 persen sistem imun manusia berada di saluran cerna.

Terkait fakta tersebut, maka probiotik sangat dibutuhkan bagi bayi baru lahir hingga usia enam bulan. Probiotik yang secara alami terdapat pada ASI yang utamanya sangat diperlukan dalam 1000 hari usia anak untuk menunjang pertumbuhan, tak terkecuali bagi bayi prematur dengan berat lahir rendah. Probiotik berpotensi menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan sistem imunitas, pernapasan, dan pencernaan.

Pada bayi, selama enam bulan pertama kehidupannya, ia masih mendapatkan imunitas pasif dari ibunya. Selanjutnya  ia akan mengembangkan sendiri daya tahan tubuhnya. Berada di fase pembentukan imunitas tubuh, bayi usia enam bulan sampai 11 bulan lebih rentan terkena diare ketimbang anak yang lebih tua.

Berada di usus, probiotik membantu menghambat pertumbuhan bakteri patogen. Ia membentuk mucosal barrier pada dinding usus. Probiotik terbukti dapat menekan angka kejadian diare, namun perannya dalam meningkatkan absorbs nutrient maupun hormon pertumbuhan masih sebatas spekulasi.

Selain ASI, produk fermentasi susu, seperti yoghurt serta susu formula yang telah difortifikasi probiotik, merupakan sumber makanan utama yang mengandung probiotik. Terkait manfaatnya bagi kesehatan bayi, sangat disayangkan probiotik masih belum membumi bagi masyarakat. Penyimpanannya juga harus dikulkas demi mempertahankan kandungan bakteri baiknya.


Kurir ASI Jakarta by amura courier
: solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner