Minggu, 07 Oktober 2012

MENGETAHUI SEBERAPA SAKITNYA SAAT MELAHIRKAN ?



 Di antara sekian banyak rasa takut yang menguntit perempuan, melahirkan termasuk pengalaman yang dianggap menakutkan. Hasil survey babycenter.com terhadap ribuan calon ibu memperlihatkan, setidaknya ada 10 rasa takut yang paling jamak menggelayuti pikiran menjelang tibanya waktu melahirkan.

1. Khawatir tak sampai di rumah sakit tepat waktu dan harus melahirkan di jalan atau dalam kendaraan.
2. Takut trejadi komplikasi yang mengancam nyawa bayi maupun diri sendiri.
3. Deg-degan memikirkan kesehatan bayi yang dilahirkan.
4. Khawatir harus menjalani intervensi medis yang tak diinginkan, seperti operasi caesar, induksi, atau episiotomy yang merupakan tindakan untuk sedikit merobek area perineum yang berada di antara lubang vagina dan anus.
5. Sangat takut akan mengalami rasa sakit yang tak tertahankan.
6. Khawatir lantaran tak tahu cara merawat bayi.
7. Takut akibat kehilangan privasi. Harus menanggalkan busana di ruang melahirkan dan berhadapan dengan orang banyak sehingga sangat tak mengenakkan.
8. Khawatir ketubannya pecah di tempat umum dan ada juga yang takut urinenya ikut keluar saat mengejan.
9. Takut karena tak tahu apa yang akan dihadapi.
10. Khawatir tak mampu mengejan untuk mengeluarkan bayi dari jalan lahirnya. Serta, banyak juga yang takut terhadap sobekan di area perineum.

MELAHIRKAN MEMANG SAKIT DAN ITU PASTI.
Besaran rasa sakit saat melahirkan bersifat sangat individual. Ini sangat wajar. Di ujung masa kehamilan, otot-otot di daerah rahim akan berkontraksi untuk membuka jalan lahir bagi bayi. Saat berkontraksi, otot akan mengerut kencang sehingga menghambat aliran darah di dalamnya.

Ingin tahu seperti apa rasanya ? Kesakitan yang ditimbulkan oleh kontraksi otot rahim kurang lebih mirip dengan rasa yang muncul ketika jemari diikat karet secara kencang. Terhentinya aliran darah, itulah yang menyakitkan. Melahirkan memang sakit dan itu pasti.

Tiap perempuan akan mengalami rasa sakit yang berbeda derajatnya sepanjang proses melahirkan. Ada yang di pembukaan satu dan dua saja sudah sangat kesakitan. Tetapi, ada juga yang sudah bukaan delapan hingga bayi keluar sempurna, justru tak merasakan sakit yang berarti.

Proses melahirkan terkadang diawali oleh kontraksi Braxton Hicks alias kontraksi palsu. Disebut demikian karena munculnya tidak teratur dan rasa keram perut perlahan sirna. Setelah itu, kontraksi persalinan datang dengan teratur dengan kemunculan semakin lama semakin cepat. Misalnya, kontraksi awal datang setiap 10 menit sekali yang kemudian berubah semakin cepat menjadi dua menit sekali. Proses ini akan berlangusng kurang lebih satu jam.

Selanjutnya, ibu hamil akan masuk pada tahap pembukaan yang terdiri atas dua fase. Pembukaan dimulai dengan fase awal, yakni dari satu sentimeter sampai empat sentimeter. Pada fase ini, kontraksi akan timbul kira-kira dua menit sekali.

Lanjut ke pembukaan empat sentimeter dan seterusnya, kontraksi akan semakin hebat dan terasa sekitar tiga sampai empat kali dalam 10 menit. Bila sudah mencapai bukaan ke sepuluh, barulah disebut bukaan sempurna. Bayi akan keluar pada tahap ini.

Terjadang, banyak ibu yang tidak tahan akan sakitnya rasa kontraksi. Belum lagi bukaan akhir, mereka menyerah dan memilih melahirkan secara caesar. Agar mampu teratur mengambil napas saat proses persalinan, sebaiknya lakukan senam hamil sejak kehamilan memasuki 28 minggu.

Penyulit kelahiran paling sakit berasal dari anemia. Akibatnya ibu hail kerap mengalami perdarahan ataupun keguguran. Ada pula kasus preeklampsia yang terjadi pada sebagian wanita.  

Preeklampsia menyebabkan tekanan darah berubah menjadi tinggi. Risikonya bayi tidak bisa diselamatkan. Kejadian seperti ini terjadi akibat sang ibu tida bisak bisa mengontrol makanannya sehingga berat badan naik secara berlebihan. Preeklampsia juga bisa terjadi bagi penderita diabêtes.

Ibu hamil harus benar-benar fokus dan peduli terhadap asupan gizi yang masuk ke tubuh. Jangan sembarangan melahap makanan. Upayakan terus berkonsultasi dengan dokter kandungannya. Peran suami juga sangat penting dan wajib mendampingi sang istri alam persalinan. Ini kewajiban suami untuk menguatkan mental sang istri. 



Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner