Minggu, 21 Oktober 2012

MUNGKINKAH HAMIL LAGI SETELAH KEGUGURAN ?




Keguguran memang membekas kenangan pahit terhadap perempuan yang mengalaminya. Beberapa dari mereka telah berhasil bangkit, bisa kembali hamil, lalu melahirkan buah hati yang sehat. Tetapi sebagian juga mengalami kesulitan dalam melakukan pembuahan lagi. Tentu ini membuat pertanyaan tersendiri bagi para wanita : apakah keguguran bisa menyebabkan mereka mengalami kesulitan untuk hamil lagi?

Keguguran pada wanita terjadi pada sekitar 20 persen kehamilan. Namun, keguguran tidak mempengaruhi kemampuan perempuan untuk bisa hamil. Tetapi perlu diperhatikan, jika Anda mengalami keguguran sebanyak tiga kali secara berturut-turut, mungkin merupakan tanda akan timbulnya masalah medis yang mendasar. Sebaiknya Anda memang harus menyelesaikan dulu masalah ini, jika sudah terselesaikan setelah itu kembali melakukan program kehamilan.

Tetapi bila Anda tidak mengalami kehamilan meskipun tidak ada masalah kesehatan, tidak mesti langsung mengira Anda mengidap masalah ketidaksuburan. Faktor untuk kembali hamil pasca keguguran adalah mengenal tanda-tanda ovulasi, sebab saat itu hormon-hormon Anda dalam proses perubahan, serta akan menyeimbangkannya lagi untuk selama beberapa kali siklus dalam menstruasi.

Perempuan akan merasakan masa subur dalam beberapa hari di bulan itu, dan saat paling subur sebelum dan setelah ovulasi. Maka Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk menunggu satu siklus penuh menjelang hamil lagi (pasca keguguran). Biasanya, Anda disarankan menunggu 2-3 bulan oleh karena pada waktu itu dinding rahim sudah berangsur pulih.

Apabila Anda menjalani aborsi disebabkan alasan medis, mungkinkah faktor ini juga akan mengurangi kesuburan?

Aborsi bisa memengaruhi kesuburan apabila Anda mengalami komplikasi pada saat selama atau setelah prosedur dilaksanakan. Seperti, infeksi yang terjadi dapat meninggalkan jaringan bekas luka dibagian rahim, yang bisa mengganggu penanaman telur.

Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner