Rabu, 03 Oktober 2012

PENTINGNYA SERIBU HARI PERTAMA




Tahukah Anda bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak akan sangat optimal saat anak dalam 1000 hari pertama kelahiran? Tahukah Anda apa itu 1000 hari pertama kelahiran?  1000 hari pertama kelahiran adalah periode 270 hari selama kehamilannya dan 730 hari pada kehidupan pertama bayi yang dilahirkannya. Periode ini biasa juga disebut dengan window of oppurtunity atau periode emas. Periode ini adalah periode sensitif yang dimana anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan yang irreversible atau permanen dan tidak dapat dikoreksi. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kondisi kesehatan ibu saat hamil yang terganggu, ibu kurang mengonsumsi makanan yang bergizi, anak sering sakit berulang, dan pemberian ASI dan MPASI yang kurang tepat.

Apabila dalam 1000 hari pertama kelahiran anak tidak mendapat dukungan yang baik akan memberikan beberapa dampak seperti pertumbuhan fisik anak terganggu, perkembangan anak terutama mental dan kecerdasan juga turut menurun. Dampak ini tidak dapat dilihat dalam jangka waktu yang singkat sehingga dapat dilihat pada usia dewasa dari ukuran fisik yang tidak optimal (pendek atau tinggi tidak sesuai dengan usia) serta kualitas kerja yang tidak kompetitif yang berakibat pada rendahnya produktivitas ekonomi.

Bagi Anda calon ibu, persiapkan dengan baik masa kehamilan dan dua tahun setelah anak melahirkan. Penuhi dengan makanan yang bergizi serta hindari pemicu stres atau tekanan yang dapat mengganggu kesehatan kehamilan. Berikan pula anak ASI eksklusif, MPASI (Makanan Pendamping ASI) dan imunisasi lengkap.

Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner