Selasa, 02 Oktober 2012

MITOS TENTANG KEGUGURAN




Ada banyak mitos di masyarakat yang menghubungkan aktivitas tertentu dengan resiko keguguran. Misalnya, makan nanas dan durian, naik pesawat terbang, atau berhubungan seks selama kehamilan bisa menyebabkan keguguran. Sebagian besar dari mitos tersebut ternyata tidak benar. Begitu pula dengan mitos-mitos lainnya seperti yang dijelaskan di bawah ini :

MITOS : Pernah keguguran, pasti akan keguguran lagi.

Tidak benar. Kemungkinan mengalami keguguran yang kedua ternyata tidak lebih besar dibanding ketika mengalami keguguran yang pertama. Namun, setelah mengalami dua kali keguguran, kemungkinan mengalami keguguran (pregnancy loss) memang meningkat sampai sekitar 20 persen. Setelah keguguran ketiga, risiko mengalami keguguran berikutnya meningkat menjadi 20 persen, dan setelah keguguran yang keempat, risiko naik menjadi 40 pesen.

Yang perlu diingat, meski anda sudah pernah mengalami empat kali keguguran, anda masih mempunyai 60 persen kesempatan untuk hamil dengan normal dan sehat. Ketika seorang wanita mengalami keguguran berulang (yang berarti 3-4 kali), maka ia harus diperiksa lebih mendalam oleh ahli endokrin dan reproduksi untuk mencari tahu penyebab pastinya.

MITOS : Olahraga meningkatkan risiko keguguran.

Tidak benar. Sebagian besar olahraga, selama masih wajar, aman bagi kehamilan. Kecuali, olahraga yang bisa menimbulkan risiko jatuh, seperti bersepeda atau olahraga yang memerlukan kontak tubuh, seperti sepak bola atau bola basket

Wanita yang berolahraga selama kehamilan justru lebih aman dari risiko keguguran. Olahraga baik bagi kehamilan karena akan mencegah kelebihan berat badan. Selain itu, tubuh yang prima tentu baik bagi kehamilan. Tentu, yang paling baik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan aktivitas olahraga pada saat hamil. Dan, saat berolahraga, jangan lupa untuk minum sebanyak-banyaknya.


Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner