Selasa, 19 Februari 2013

INISIASI MENYUSUI DINI, MAMPU TINGKATKAN PRODUKSI ASI




Ada banyak cara dilakukan ibu agar air susunya banyak dan lancar. Cara paling umum adalah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, misalnya saja jus pare, daun katuk, dan sari kurma. Padahal sebenarnya langkah yang dipilih para ibu tersebut belum tentu benar.

Efek sugesti membantu ibu. Tapi kadang kita lupa, pentingnya rangkaian menyusui di awal-awal kelahiran. Rangkaian proses menyusui di awal-awal kelahiran ini, adalah ibu melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) menimal satu jam langsung setelah melahirkan, bayi dirawat gabung bersama ibu dan bayi bisa menyusu terus kapanpun dia mau.

Sayangnya sampai saat ini masih banyak ibu yang tidak bisa menjalani rangkaian proses menyusui di awal kelahiran ini dengan benar.

Seringkali di awal-awal proses menyusui, ibu tidak mendapat dukungan dan pengetahuan yang benar. Masih banyak rumah sakit yang belum menerapkan sistem rawat gabung.

Ada juga petugas medis yang langsung memberikan susu formula pada bayi ketika ASI ibu tidak kunjung keluar. Tindakan-tindakan yang membuat bayi jarang menyusu dengan ibu inilah yang justru mengurangi produksi ASI.

Padahal, prinsip dasar dari menyusui adalah membuat bayi melekat dengan baik. Bayi yang melekat dengan baik akan mendapatkan ASI dengan cukup. Bayi yang tidak melekat dengan baik akan lebih sulit mendapatkan ASI, apalagi jika ASI sedikit.

Produksi ASI di awal kelahiran bayi memang sedikit. Tapi ibu tidak perlu khawatir karena hal itu normal dan alamiah. Yang menjadi masalah, ketika ASI masih sedikit itu, bayi tidak melekat dengan baik sehingga kesulitan mendapatkan ASI.

Bayi tidak membutuhkan ASI yang banyak di hari-hari pertama, tapi sesuai kebutuhannya. Yang terpenting ketika ibu baru melahirkan adalah bayi bisa menyusu dengan optimal. Bayi disusui terus-menerus, tidak mendapat tambahan apapun, bayi maksimal menyusui di payudara, selama banyak diminta, payudara akan terus produksi ASI.

Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner