Senin, 18 Februari 2013

WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA PEDULI TERHADAP KEBUTUHAN IBU MENYUSUI




Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sangat perhatian dengan karyawati yang masih menyusui bayinya. Dia memerintahkan setiap perkantoran, mal hingga pabrik menyediakan ruang ASI.

Di Balaikota dan Kantor Pemprov DKI, Basuki mengatakan, sudah ada tersedia ruang ASI. Menurutnya, ada dua ruang ASI yang difasilitasi meja dan kulkas. Bahkan, dia mempersilakan karyawati menggunakan kulkas di ruangannya.

"Selama ini, ibu-ibu di sini pakai kulkas saya, ha.. ha.. ha..," kata Basuki saat menerima Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), di kantornya.

Kepada karyawati Pemprov yang sedang menyusui, Basuki juga menawarkan bekerja di kantor yang dekat rumahnya. Namun, mereka tidak mau pindah.

Ke depannya, Basuki ingin semua pabrik, perkantoran dan tempat perbelanjaan di Jakarta menyediakan ruang ASI. "Jangan ada lagi yang nongkrong di WC, gudang," katanya.

Basuki juga menawarkan kontribusi jika AIMI membutuhkan surat referensi untuk masuk ke pabrik-pabrik. Sebab selama ini, pengurus AIMI mengaku kesulitan menembus manajemen pabrik yang berbelit-belit.

Rencana berikutnya Basuki mengatakan, Pemprov DKI akan membuat rusun terpadu yang lantai tiganya khusus untuk balai kesehatan, penitipan anak, PAUD, dan juga termasuk ruang ASI. Sementara di lantai satu dan dua akan dijadikan pasar, dan lantai empat ke atas menjadi hunian yang menggunakan lift.

Dengan adanya ruang ASI, kata Basuki, ibu-ibu menyusui bisa menyumbangkan ASI-nya kepada ibu-ibu yang kekurangan. "Kan tinggal satu blok. Lebih baik susui dari pada susu sapi tho," ujarnya.

"Saya sendiri minum dua ASI, ibu saya dan nenek saya. Nenek saya belum melahirkan, ibu saya anak paling besar. Anak nenek saya 12 anak. Kalau ke rumah nenek saya, saya minum ASI nenek. Saya minum ASI ekslusif sampai 3 tahun. Anak pertama saya dua tahun," tutur Basuki mengisahkan dirinya saat kecil.

Untuk mendukung ruang ASI di ruang publik, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan Raperda ASI yang akan digodok tahun depan. Draftnya dia perintahkan untuk ditampilkan di website Jakarta.go.id.

Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner