Kamis, 13 April 2017

KENALI MANFAAT ASI BAGI IBU DAN BAYI.



Banyak sekali manfaat Air Susu Ibu (ASI), tak hanya bagi bayi, tapi juga untuk ibu. Di antaranya adalah perlindungan jangka panjang bagi bayi. Kedekatan antara ibu dan bayi pun terjalin saat menyusui karena adanya kontak mata, sentuhan, dan dekapan hangat, ASI menyediakan nutrisi yang ideal untuk bayi karena terdiri dari vitamin, protein, dan lemak yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh. ASI mudah dikonsumsi dan mudah dicerna selain juga murah tanpa mengeluarkan biaya.

ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri. Menyusui menurunkan risiko bayi memiliki asma atau alergi. Selain itu, bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan pertama, lebih sedikit mengalami infeksi telinga, penyakit pernapasan, dan serangan diare. Bahkan mereka juga jarang ke dokter atau melakukan rawat inap.

ASI pertama yang didapat bayi disebut kolostrum yang berwarna keemasan dan mengandung segala gizi yang dibutuhkan bayi. Kolostrum mengandung antibodi yang disebut immunoglobin yang dapat memberikan kekebalan bagi tubuh bayi dari berbagai penyakit infeksi. Selain itu, kolostrum juga memberikan efek laksatif (pencahar) yang dapat membantu bayi mengeluarkan tinja pertama (meconium) dari saluran pencernaannya. Lalu, dalam waktu 4-6 hari, kolostrum berubah menjadi ASI transisi di mana volumenya meningkat dan kandungan lemak yang tinggi untuk pertumbuhan, perkembangan otak, pengatur kadar gula darah dan memenuhi kebutuhan gizi bayi. ASI transisi kemudian berubah menjadi ASI matang yang memiliki kandungan lemak dan laktosa lebih tinggi daripada kolostrum.

Menyusui dikaitkan dengan nilai IQ yang lebih tinggi di masa kanak-kanak. Apalagi dengan kedekatan fisik, saling bersentuhan, dan kontak mata membantu ikatan antara ibu dan bayi sehingga ada perasaan aman pada keduanya. Di samping itu menyusui memainkan peran dalam pencegahan SIDS (sindrom kematian bayi mendadak). Tak heran, ASI adalah makanan yang sangat disukai bayi. Menyusui merangsang pelepasan hormon okstisosin dalam tubuh ibu.

MANFAAT ASI UNTUK BAYI.
  1. Perlindungan jangka panjang buat bayi. Mengurangi resiko penyakit diabetes, penyakit celiac dan penyakit crohn.
  2. ASI dapat menurunkan risiko bayi terkena kanker anak. Dan sang ibu memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara premenopause dan kanker ovarium, penyakit yang mematikan.
  3. Bayi ASI memiliki respons antibodi yang lebih baik untuk vaksin.
  4. Bayi lebih jarang sakit 'langganan anak' seperti batuk dan pilek.
  5. ASI mengandung protein, gula, lemak, dan mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh bayi. Termasuk antibodi, faktor kekebalan tubuh, enzim, dan sel-sel darah putih.
  6. Zat-zat ini melindungi bayi terhadap berbagai penyakit dan infeksi tidak hanya saat menyusui, namun dalam beberapa kasus lama setelah ia disapih.
  7. Penelitian menunjukkan pengurangan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) di antara bayi yang menyusui dibandingkan dengan mereka yang tidak.
MANFAAT UNTUK IBU
  1. Lewat ASI anda belajar tentang bayi, bagaimana membaca saat ia kenyang. Anda harus mengandalkan naluri sendiri dan perilaku bayi untuk mengetahui kapan bayi kenyang. Tentu saja ASI tidak membutuhkan biaya apa pun sehingga lebih murah.
  2. Penyembuhan yang lebih baik setelah melahirkan, membantu rahim kembali ke ukuran normal lebih cepat sekitar enam minggu setelah melahirkan, dibandingkan dengan 10 minggu jika anda tidak menyusui.
  3. Menyusui membakar hingga 500 kalori per hari. ASI mengandung 20 kalori per ons. Jika anda memberi makan bayi 20 ons per hari maka 400 kalori keluar dari tubuh.
  4. Wanita menyusui memiliki risiko lebih rendah dari osteoporosis postmenopause. Ketika wanita hamil dan menyusui, tubuhnya menyerap kalsium lebih efisien.
  5. Menyusui membakar kalori ekstra, sehingga dapat membantu anda menurunkan berat badan setelah kehamilan dengan lebih cepat.
  6. Menyusui akan melepaskan hormon oksitosin, yang membantu rahim kembali ke ukuran sebelum hamil dan dapat mengurangi perdarahan rahim setelah melahirkan.
  7. Menyusui juga menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium. Ini dapat menurunkan risiko osteoporosis.
  8. Beberapa hari setelah kelahiran, 'susu pertama' yang keluar adalah kolostrum. Kolostrum membantu pencernaan bayi yang baru lahir dan mempersiapkan untuk mencerna ASI.
  9. Para ahli merekomendasikan menyusui secara eksklusif selama 6 bulan. Bahkan jika anda menyusui kurang dari yang direkomendasikan 6 bulan, masih lebih baik dalam waktu singkat daripada tidak sama sekali.
RUMUS ABC DALAM MENYUSUI.

A = Awareness. Perhatikan tanda-tanda bayi lapar dan ingin menyusui. Di minggu pertama dalam sehari anda mungkin akan menyusui delapan sampai 12 kali. Tanda-tanda bayi lapar adalah tangan bergerak ke arah mulut, membuat gerakan mulut, atau bergerak ke arah payudara. Jangan menunggu bayi anda menangis, itu tanda bayi sudah sangat lapar.

B = Be Patient. Jangan terburu-buru saat menyusui bayi. Biasanya bayi menyusui selama 10 sampai 20 menit pada masing-masing payudara.

C = Comfort. Bersantai sambil menyusui. Anda harus nyaman saat menyusui dengan bantal yang diperlukan untuk mendukung lengan, kepala, dan leher. Begitu juga dengan pijakan kaki untuk mendukung kaki sebelum mulai menyusui.

PERAN AYAH DALAM PROGRAM MENYUSUI.

Peran ayah pun sangat besar dengan memberikan dukungan pada ibu dan bayi agar sukses menyusui :
  • Menemani ibu saat menyusui, atau kalau diminta membiarkan ibu dan bayi menyusui ketika mereka ingin berdua saja.
  • Menjaga anak-anak lain dengan kegiatan dan latihan yang menyenangkan.
  • Mencari bantuan saat muncul masalah menyusui.
  • Mempelajari kelompok-kelompok pendukung ASI jika dibutuhkan.
  • Memuji dan mendorong ibu untuk menyusui.
  • Membangun hubungan antara ibu dengan bayi.
  • Mendukung ibu yang membutuhkan istirahat.

Dalam beberapa situasi, menyusui bisa menyebabkan bahaya pada bayi, seperti positif HIV karena dapat menularkan virus HIV ke bayi melalui ASI, mengidap tuberkulosis, melakukan kemoterapi kanker, memakai obat ilegal seperti kokain atau ganja, memakai resep obat tertentu, seperti obat untuk sakit kepala migrain, penyakit Parkinson, atau arthritis. 


Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk ibu dan buah hati. Tlp & sms : 085695138867.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner