Senin, 03 April 2017

MEMENUHI KEBUTUHAN NUTRISI MASA HAMIL, MENYUSUI, DAN UNTUK ANAK.


Gizi merupakan elemen vital yang menentukan kesehatan seseorang, bahkan sejak dalam kandungan. Maka, memperhatikan gizi dan pola hidup sehat sejak usia dini hingga dewasa amatlah penting. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan gizi seseorang pun juga akan berubah. Beragam faktor menjadi penentu, seperti asupan energi, protein, komposisi lemak, vitamin, dan mineral tertentu, Tidak hanya zat gizi, untuk memastikan pola hidup sehat, kita juga perlu memperhatikan aspek lain, seperti aktivitas fisik yang rutin, tingkat stres, serta keseimbangan hidup. Setiap orang membutuhkan nutrisi yang spesifik untuk dapat mencapai status gizi, pertumbuhan, dan status kesehatan yang optimal. Titik awal dimulai sejak masa kehamilan.

MASA KEHAMILAN

Ibu hamil harus betul-betul memikirkan kebutuhan diri sendiri. Porsi makan orang hamil tentu harus lebih banyak daripada sebelum hamil. Jumlahnya sekitar 300 kalori dan protein 15 gram lebih banyak dibanding saat tidak hamil. Karena saat hamil kenaikan barat badan harus dicukupi oleh nutrisi zat besi, kalsium, asam folat, yang semuanya itu bisa dipenuhi oleh makanan biasa. Kenaikan berat badan ini bukan saja untuk melahirkan, melainkan juga untuk janinnya. Namun, ibu hamil juga kerap muntah (morning sickness). Yang biasanya bisa menikmati makan nasi dengan ikan bakar, saat hamil bisa mual luar biasa. Sehingga harus ada nutrisi khusus sebagai asupan energi tambahan. Nutrisi khusus untuk ibu hamil saat ini sudah banyak dijual bebas di pasaran.

Masalah saat kehamilan juga bukan hanya mual dan muntah. Ada juga yang tidak dapat mengkonsumsi makanan, tidak toleran pada makanan tertentu, gangguan nutrisi yang dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan lainnya. Yang jelas, makanan yang dimakan seorang ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin, meski tidak harus makan dua kali lipat. Para ahli percaya bahwa timbulnya berbagai penyakit pada masa yang akan datang berawal dari masa janin. Misalnya, pada saat dewasa menderita penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi itu sebenarnya sudah dimulai sejak janin dalam kandungan. Jadi apa yang ibu makan sangat mempengaruhi janin itu. Nutrisi yang tepat saat hamil, akan mengoptimalkan kesehatan sang anak di usia muda. Konsep seribu hari kehidupan, sembilan bulan dalam kandungan dan 24 bulan pertama ini sangat penting menentukan hidup seseorang sampai tua.


MASA MENYUSUI


Kebutuhan ibu menyusui lebih banyak daripada saat ia hamil. Bagi ibu menyusui, kalori harus ditingkatkan 500 kalori tambahan per hari dibandingkan sebelum hamil. Harus ada pemenuhan protein, kalsium, dan asam folat. Dan mesti ada penghindaran terhadap makanan yang mennyebabkan alergi. Alergi pada anak sangat ditentukan makanan ibu menyusui. Biasanya yang membuat alergi adalah kacang-kacangan, putih telur, dan lainnya. Maka, bila anda alergi makanan tersebut, jangan mengkonsumsinya selama menyusui.

NUTRISI UNTUK ANAK


Saat anak lahir hingga usia enam bulan, membutuhkan ASI eksklusif. Tidak boleh diganggu dengan susu formula sekalipun. Kecuali atas indikasi medis, si ibu sakit berat, bayi tidak bia menyusu, dan lain-lain. Setelah enam bulan hingga 12 bulan, anak sudah bisa diberikan MPASI sebagai pendamping ASI. MPASI diberikan secara bertahap kepada anak. Bila untuk anak usia enam bulan buah diblender menjadi pure atau bubur susu. Kemudian bisa diberikan biskuit, makin lama makin padat sampai nasi tim. MPASI diberikan satu per satu dan hindari memberikan bayi makanan manis atau asin.

Lain lagi nutrisi pada balita, pertumbuhan pada balita cepat dengan grafik naik ke atas, sementara kalau anak di atas balita tumbuhnya mendatar. Lima tahun pertama anak akan tumbuh lebih cepat, bila kurang energi, protein, ada penyakit yang tak diobati, maka akan banyak ketertinggalan yang dialami anak. Setelah usia satu tahun, anak sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga, seperti nasi, roti, atau sagu. Namun, yang perlu diingat, energi harus disesuaikan dengan usia dan berat badan anak. Anak juga bisa diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan. Hindarkan makanan junk food (terlalu manis, terlalu asin, berlemak tinggi, dan refined karbohidrat). Makanan sehat juga dapat dilengkapi dengan susu. Dan terus pantau tumbuh kembang anak menggunakan kartus menuju sehat (KMS).



Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk ibu dan buah hati. Tlp & sms : 085695138867.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner