Minggu, 23 April 2017

MENYIAPKAN MPASI UNTUK SI KECIL


Biasakanlah si kecil mengkonsumsi makanan dengan rasa yang sama seperti makanan ibu. Tentu saja, yang sudah dihaluskan dan bisa dicerna dengan mudah oleh si kecil.

USIA 6-10 BULAN.

Ketika si kecil sudah bisa mengkonsumsi makanan selain ASI, makanan pertama yang bisa diberikan adalah aneka macam bubur. Tentu saja, tanpa menyertakan gula atau garam di dalamnya. Buatlah bubur susu, bubur buah, atau bubur sayur. Bubur susu dibuat menggunakan biskuit bayi yang dihancurkan dan dicampur dengan air. Untuk buah, cobalah bubur pisang, avokad, atau pepaya. Namun jangan dibiasakan untuk terus memakan bubur yang rasanya manis. Berikan pula bubur sayuran dengan sentuhan bumbu asin. Disarankan, ibu memilih sayur organik agar lebih aman. Jangan lupa perhatikan respons si kecil, jangan dipaksa bila ia tidak suka. Gantilah dengan makanan pendamping lain.

USIA 10-12 BULAN.

Di usia ini, si kecil sudah mulai bisa beralih ke makanan kental dan padat, meski pun teksturnya harus tetap lunak. Berikanlah si kecil aneka nasi tim. Selama meminum ASI, si kecil sebenarnya sudah merasakan makanan yang sama dengan ibu. Oleh sebab itu, jangan takut untuk memberikan nasi tim.

USIA 12-24 BULAN.

Si kecil bisa dikenalkan pada makanan keluarga dan makanan padat di usia dini. Namun, itu tetap harus mempertahankan rasa. Hindari makanan yang bisa mengganggu pencernaan anak, seperti makanan yang terlalu pedas, asam, dan berlemak. Si kecil juga sudah bisa memakan finger food seperti kue atau potongan sayur dan buah. Ini penting diperhatikan untuk melatih keterampilan memegang makanan dan merangsang pertumbuhan gigi.



Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk ibu dan buah hati. Tlp & sms : 085695138867.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner