Sabtu, 29 April 2017

KOMUNITAS : EPING, KOMUNITAS IBU MENYUSUI.


Wahyu Prasetyowati, ibu muda dengan dua anak ini, awalnya kesulitan menyusui saat kelahiran anak pertamanya di tahun 2014. Kala itu, ia memilih untuk memompa air susu ibu (ASI)-nya. Dari kesulitan tersebut, ia berpikir tentu banyak ibu muda di luar sana yang memiliki problem yang sama. Dari pemikiran tersebut, akhirnya Wahyu membentuk grup Facebook yang dia beri nama Eping. Grup Eping tak hanya diisi oleh ibu menyusui, tapi banyak pula ibu hamil yang ingin tahu lebih dalam seputar menyusui.

Eping atau Eksklusif Pumping Mama Indonesia pun menjelma menjadi sebuah komunitas para ibu, khususnya bagi ibu yang sedang menyusui. Seperti namanya, komunitas yang dicetuskan Wahyu ini ingin memberikan wadah bagi kaum ibu yang sedang menyusui untuk bertukar pikiran. Anggota grup Eping bukan hanya berasal dari kaum ibu yang sudah sangat memahami soal menyusui. Ada pula ibu muda dengan pengetahuan soal menyusui yang minim atau baru setengah paham.

Wahyu yang berdomisili di Bekasi ini mengaku, awalnya grup yang ia buat hanya beranggotakan teman-temannya yang memiliki keluhan sama. Akan tetapi, tanpa diprediksi, ternyata banyak yang berminat untuk bergabung dalam grup Eping. Hingga akhirnya, sampai saat ini ia sudah memiliki lima administrator yang bertugas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para anggota. Grup yang dibuat sejak akhir 2014 ini kini sudah memiliki sekitar 27 ribu anggota. Untuk menghadapi puluhan ribu anggota itu. Wahyu sengaja memilih administrator yang sabar menanggapi pertanyaan-pertanyaan anggota, meskipun pertanyaannya sudah pernah berulang-ulang ditanyakan.

Eping merupakan komunitas non profit sehingga untuk menjadi administrator harus bersedia dengan sukarela tanpa mendapatkan upah. Artinya, semua anggota grup itu adalah volunter. Sementara ini Eping hanya dibuat grup Facebook dan grup Whatsapp yang merupakan grup-grup lokal. Wahyu mengakui, Eping sekarang sudah banyak dikenal di masyarakat dan banyak vendor yang bersedia mensponsori, seperti pembuatan website resmi atau acara gathering.



Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk ibu dan buah hati. Tlp & sms : 085695138867.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner