Selasa, 10 September 2013

MAKANAN APA SAJA YANG HARUS DIHINDARI BAGI IBU MENYUSUI ?




Anak-anak yang mendapat air susu ibu (ASI)  sangat jarang terkena alergi atau menjadi gemuk, dan juga tampaknya memiliki dampak positif pada kecerdasan anak.

Sang Ibu juga mendapatkan sejumlah keuntungan, misalnya mengurangi risiko kanker payudara dan kanker ovarium. Ibu yang menyusui bayinya langsung juga memiliki risiko terkena depresi postpartum lebih rendah dibandingkan ibu lain yang tidak menyusui anaknya.

Itulah alasan mengapa kebanyakan ibu-ibu yang habis melahirkan memutuskan untuk menyusui anaknya dengan ASI ekslusif. Meskipun faktanya itu akan membuat bayi sangat nyaman, menyusu lama, memakan waktu, bahkan menyakiti Sang Ibu dalam beberapa kasus.

Misalnya, tidak mudah untuk menyusui di depan umum, dibandingkan cukup mengeluarkan sebotol susu formula.   makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh ibu-ibu yang berstatus sedang menyusui?

1. Alkohol

Jika seorang ibu nekat ingin meminum minuman beralkohol, maka dia harus memastikan alkoholnya keluar dari sistem percernaan tubuhnya sebelum menyusui bayi. Rata-rata tubuh memerlukan waktu sekitar dua jam untuk memproses minuman beralkohol. 

2. Cokelat

Cokelat mengandung kafein dan dapat membuat bayi kembung, sehingga ibu harus membatasi asupan makanan ini.

3. Kacang

Beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang menyusui dari ibu yang suka makan kacang berlebihan dapat tumbuh dengan tubuh yang alergi kacang. Meskipun tidak ada bukti konklusif yang membuktikan fakta ini, ibu menyusui teta saja perlu memerhatikannya.

4. Lemak jenuh dan lemak trans

Makanan yang mengandung tingkat lemak tinggi adalah tidak sehat dan tidak baik untuk bayi anda. Lemak jenuh dan lemak trans bisa mengurangi produksi omega-3 yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi dan perkembangannya yang tepat.

5. Pestisida

Pestisida jelas bukan makanan. Tapi, banyak jenis produk yang mengandung pestisida atau insektisida, sehingga ibu menyusui perlu mencuci produk secara keseluruhan dan mengupas kulit mereka sebelum makan. Anda sebaiknya menggunakan produk organik sebagai gantinya. 

 

Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner