Kamis, 12 September 2013

@SelamatkanIbu




Siapakah Selamatkan Ibu?

Selamatkan Ibu merupakan gerakan masyarakat yang bekerja di bidang kesehatan ibu dengan fokus mengedukasi masyarakat dan melakukan kegiatan advokasi mengenai isu tersebut, khususnya terhadap angka kematian ibu di Indonesia.

Selamatkan Ibu berangkat dari pemikiran bahwa tidak hanya sektor kesehatan saja yang berperan dalam usaha menurunkan angka kematian ibu ini, tetapi seluruh elemen bangsa Indonesia harus peduli dan terlibat dalam upaya ini.

Gerakan yang berslogan Selamatkan Ibu Selamatkan Bangsa ini ingin mengajak seluruh lapisan masyarakan untuk ikut serta menyuarakan, menyebarluaskan pengetahuan dan informasi, kemudian turut mengambil bagian untuk bertindak, dalam rangka menekan angka kematian ibu sehingga dapat mencapai target MDG (Millenium Development Goals) tahun 2015, yaitu 107/100.000.

Mengapa Ibu-Ibu perlu diselamatkan?

Sampai saat ini, Angka Kematian Ibu (AKI) Indonesia masih merupakan yang tertinggi di Asia. Statistik pada tahun 2007 menunjukkan terdapat 228 kematian akibat komplikasi persalinan setiap 100.000 kelahiran hidup di Indonesia.

Dalam kata lain, diperkirakan seorang ibu dalam wilayah nusantara meninggal dunia setiap 30 menit. Kita tertinggal jauh dari negara-negara lain yang saat ini sudah mencapai angka 2 digit, Singapura bahkan telah memiliki AKI sebesar 6 kematian setiap 100.000 kelahiran hidup.

Apa yang ingin dicapai oleh Selamatkan Ibu?

Tujuan jangka panjang kami adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil di Indonesia. Hal ini kemudian diharapkan dapat membantu menurunkan angka kematian ibu sesuai target MDGs, s/d 107/100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015.

Tujuan jangka menengah kami adalah melakukan setiap tanggal 22 Desember merancang sebuah acara besar untuk memperingati Hari Ibu Nasional, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menurunkan angka kematian ibu ini.

Mari peringati Hari Ibu dengan acara yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa setiap ibu berhak atas proses kehamilan dan persalinan yang aman.

Tujuan jangka pendek kami adalah setiap bulan melakukan program edukasi ke masyarakat, baik on air maupun off air. Acara on air tanggal 22 setiap bulannya, kami akan melakukan kampanye melalui twitter dengan menge-tweet-kan slogan kami, #selamatkanIbu, Selamatkan Bangsa! Tweet ber-hashtag #selamatkanibu ini dilakukan pada pukul 14.00 WIB secara serentak.

Sedangkan acara off-air berupa penyuluhan, seminar ataupun workshop yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang kesehatn ibu hamil sehingga dapat berguna untuk menurunkan angka kematian ibu di Indonesia.


Gerakan @selamatkanibu
Alamat: Jl. Imam Bonjol no.52-54, Jakarta Pusat 10310
Email: selamatkanibu@yahoo.com,
Web: http://www.selamatkanibu.org

Kontak:
@selamatkanibu, @adirahman, @sophia_hage di twitter.

M. Nurhadi Rahman +62811251200
Sophia Hage +6281230038767

Kurir ASI Jakarta by amura courier : solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner