Senin, 02 September 2013

PERSALINAN TERBAIK DENGAN BIDAN ATAU DOKTER ?




Mana yang lebih baik untuk memandu perempuan di saat mengantarkan buah hatinya dari rahim nan nyaman ke dunia ? Saat menolong proses persalinan, bidan umumnya akan memberikan pereda rasa sakit melalui bius epidural. Bidan juga akan memberikan antibiotik sesuai indikasi. Jika dianggap perlu, bidan akan merekomendasikan operasi caesar. Karena itulah satu-satunya prosedur yang tak bisa dijalankan oleh bidan.

Sebelum melahirkan, carilah bidan yang memiliki reputasi baik dan anda mempercayainya. Pilihlah bidan yang tempat praktiknya memungkinkan pasien mendapatkan penanganan darurat dengan segera. Keunggulan dokter kebidanan dan kandungan adalah, bisa membantu persalinan normal sekaligus menangani situasi darurat.

Akan tetapi, perempuan dengan kehamilan beresiko tinggi tidak disarankan untuk melahirkan dengan bidan. Definisi risiko tinggi ini bisa beragam. Beberapa di antaranya menyangkut bayi sungsang, placenta previa, dan kehamilan berpenyulit lainnya. Jika tidak yakin tentang kondisi kehamilan anda, diskusikan dengan tenaga kesehatan.

Persalinan adalah hal yang alami dan memiliki jadwalnya sendiri. Jarang sekali diperlukan intervensi untuk membantu kelahiran. Tubuh perempuan memang telah siap untuk menjalani proses kehamilan berikut persalinan. Akan tetapi, proses ini juga melibatkan proses psikologis dan terkadang hal yang tak terduga muncul. Walaupun merupakan sesuatu yang alami, bukan berarti tak akan pernah membutuhkan sentuhan medis. Untuk itu, perempuan yang akan melahirkan sebaiknya bersikap fleksibel. Utamakanlah kesehatan ibu dan bayi.

Anggapan di masyarakat tentang cara persalinan kerap mendatangkan tekanan mental bagi perempuan yang sedang mengandung. Konon, melahirkan normal lebih bagus ketimbang bantuan operasi Caesar. Seolah yang melahirkan dengan operasi Caesar kurang ‘perempuan’. Melahirkan secara normal pun akan lebih minim komplikasi dan lebih cepat pemulihannya.

Selama perempuan yang akan melahirkan rajin mengikuti edukasi persalinan dan tubuhnya tak bermasalah, maka melahirkan akan menjadi pengalaman menyenangkan untuknya.


Kurir ASI Jakarta by amura courier
: solusi cerdas untuk wanita karir dan ibu menyusui. Tlp & sms : 085695138867


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fixedbanner